Soft Ware Virtual Gamelan "eGamelanku"

Soft Ware Virtual Gamelan "eGamelanku"
Multimedia Pembelajaran Gamelan Jawa yang merekam suara gemelan Lokananta, Kraton Solo dan TBJT

Setujukah anda dengan Gerakan "KUCIGAWA" aku cinta gamelan jawa melalui sofeware eGAMELANKU hasil tim risert kami yang didanai oleh DP2M DIKTI 2009 s.d. 2010? Sofeware pernah ditampilkan di Taiwan Juni 2010 dan di Singapura Juli 2010?

Selasa, 23 September 2008

Konferensi Internasional Kebudayaan Jawa 2008

Kaget juga, di meja tiba-tiba ada disposisi untuk menghadiri konferensi Internasional Kebudayaan Jawa dari Bapak Rektor. Saya pikir apa tidak salah alamat, karena undangan tersebut juga meminta untuk menulis makalah.
KIKJ 2008 akan berlangsung tanggal 20-25 Oktober 2008 di Purwokerto-Byumas. Adapun Materi klaster yang akan dibahas ada 7 yaitu:
1. Bahasa
2. Sistem Religi dan Kepercayaan
3. Sistem dan Organisasi Kemasyaraktan
4. Sistem Pengetahuan
5. Kesenian
6. Sistem Mata Pencaharian
7. Sistem Teknologi dan Peralatan (Didalamnya dapat menyangkut adat, tradisi, kepemimpinn dsb)
Ada pemikiran, bagaimana Wong Jowo bisa memanfaatkan Teknologi Informasi untuk nguri-uri kabudayan Jowo. Bisa melalui Multimedia atau melalui internet. Bukankah yang saya lakukan ini bukan memanfaatkan teknologi untuk mempertahankan jatidiri saya sebagai Kodrat Wong Jowo sing Kudu Njawani.
Jowo sing njawani perlu saya ungkapkan disini karena saya banyak menemukan teman-teman saya yang sudah banyak kehilangan semangat njawani. Wujud memang turunn wong Jowo, tapi dalam tingkah laku sudah bukan njawani lagi. Dan bukankah peristiwa ironis saat saya menemukan sosok orang cina sipit, tapi dalam tingkahlaku dan tutur sapa sangat njawani. jadi memang harus dibedakan Wong Jowo secara Genetik dan orang Jowo yang berperilaku Njawani.

6 komentar:

Ki Ageng Pamanjaran mengatakan...

http://romansecuil.blogspot.com

DenBaguS Atmo mengatakan...

Memang sekarang wong jowo podho ilang jawane, pramilo ayo podho njawani maneh ojo melu-melu barat, lha wong barat wae sinau budaya jowo, mosok wang jowo malah ninggalake.
nuwun sewu nggih, salam tepang kawulo DenBaguS Atmo, priyantun Sragen.

ps3.o1 mengatakan...

panjenegan leres mas, kulo niki wong jowo tapi mboten apal aksoro jowo, kulo pengen mlajari tulisan jowo, kulo nyuwun tulung panjenengan tulis tentang aksoro jowo, menawi kulo saged plajari, mekaten ke mawon matursuwun

ARIAN_s mengatakan...

satu pertanyaan sya pak, bagaimana bapak selaku budayawan modern menyikapi imperialisme budaya yang berkembang saat ini? apakah bapak setuju atau tidak? karena dengan disetujuinya imperialisme budaya berarti kita harus siap budaya kita diadopsi oleh bangsa atau negara lain apalagi negara yang memang memilki latar belakang yang sama pad a masa lalu........


by mahasiswa udinus sistem informasi

atas tanggapan bapak saya mengucapkan terima kasih

Wongwates mengatakan...

iyo mas saiki nang ngomah wong tuwo karo bocah cilik ngomong okeh nganggo boso indonesa py iki suwe2 jawane ilang!!

Dewi Kirana mengatakan...

Pil Aborsi Tuntas
Pil Aborsi